Sambutan Kepala Madrasah

Jumat, 31 Agustus 2018

Lebih Dekat dengan Masrukhi, Alumni Menjabat Rektor Unimus

Salah satu alumni PKn UPI yang sukses menjabat di kampus adalah Prof. Dr. Masrukhi M.Pd,  atau  lebih dikenal dengan ‘Pak Uchi’.  Lahir di Tegal, pada 8 Mei 1962. 

Saat ini Pak Uchi menjabat sebagai Rektor Unimus setelah memperoleh suara terbanyak pada pemilihan rektor periode 2015-2019 oleh Senat Unimus. Guru besar pada Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini kini tinggal di Kelurahan Petemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang bersama keluarga tercintanya. Suami dari Dra. Umi Mar’atun (Guru PNS di SMA Teuku Umar Semarang), dan ayah  tiga orang putra yaitu  Riza Maulana (mahasiswa Farmasi UGM), Deni Yudistira (Perencanaan Wilayah dan Kota UGM), Faiq Madani, dan Salma Aulia Salsabila.


Ia mengawali pendidikan formal pertamanya di SD Negeri Pengabean, Tegal tahun 1968 – 1974. Kemudian melanjutkan ke MTs Assalafiyah 1974 – 1977, sebuah  madrasah swasta di bawah Yayasan Nassalafiyah Randu Gunting Kota Tegal. Selanjutnya mengikuti Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri tahun 1977 – 1981. Gelar sarjananya ia selesaikan  di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung (UPI) pada Program Pendidikan Kewarganegaraan tahun 1981 – 1986. Menariknya  gelar magister ia tempuh juga di UPI pada Program Pascarsarjana Pendidikan Nilai  tahun 1992 – 1995. Ia bercerita saat kembali menempuh S2-nya di kampus UPI.

"Saya mengulang nostalgia di Bumi Siliwangi dengan tempat kos-kosan yang menyimpan banyak kenangan di Gegerkalong Bandung karena kesejukannya," ujarnya. 
Adapun gelar doktornya pada Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun 2006 – 2009. 

"Saya mengambil program doktor di kampus sendiri, karena sambil mengabdi sebagai Pembantu Dekan I di Fakultas Ilmu Sosial Unnes dan dilanjutkan menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang kemahasiswaan Unnes," terangnya. 
Pada tahun 2011 ia dikukuhkan sebagai guru besar Pendidikan Moral pada FIS Unnes. Selain itu aktif dalam Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah di Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah. Selama beberapa tahun terakhir ia juga menjadi anggota Badan Pengurus Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Di Unnes sendiri pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan PPKn Unnes. Selain itu pernah mendapat amanah Pembantu Dekan I Fakultas Imu Sosial, dan selama dua periode menjadi Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan. 

Pakar pendidikan karakter ini pernah menjadi Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Jawa Tengah. Ia juga memimpin paguyuban Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia. Kini di masyarakat pendidikan Jateng didaulat sebagai Wakil Ketua Dewan  Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kepengurusan IKA PKn UPI, pria ramah ini menjabat sebagai anggota Dewan Penasehat Ikatan Alumni PKn UPI periode 2014-2019. Segenap anggota IKA PKn UPI turut bersyukur dan bangga dengan kiprah alumni satu ini. Tentunya akan menginspirasi alumni lain untuk turut berkiprah sesuai bidang kerjanya masing-masing.


(Deni Kurniawan As'ari/Wasekjen IKA PKn UPI)