Sambutan Kepala Madrasah

Rabu, 18 Oktober 2017

Cecep Darmawan Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Politik UPI


Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengukuhkan Prof. Dr. H. Cecep Darmawan, S.Pd., S.Ip., M.Si., M.H. sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu politik pada Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS). Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Ahmad Sanusi Kampus UPI jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Selasa (17/10/2017).

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai guru besar ilmu politik dengan judul “Optimalisasi Fungsi Peran DPR RI: Perspektik Ilmu Politik”.


Cecep mengatakan anggota dewan harus meningkatkan kualitas dan kapasitas dirinya, melalui berbagai pendidikan dan pelatihan secara terprogram dan berkelanjutan.

“Perlunya staf ahli kelembagaan DPR, disamping staf ahli anggota DPR, yang direkrut dari para ahli atau pakar dalam bidang masing-masing sesuai kebutuhan. Selain itu studi hukum melalui pendekatan sejarah akan dapat membantu untuk sampai pada satu harapan bahwa ke depan akan dapat dirumuskan hukum yang lebih berkeadilan,” ujarnya. 

Menurutnya untuk meningkatkan peran anggota dewan perlu upaya memberdayakan partai melalui reformulasi model-model rekruitmen dan kaderisasi anggota partai secara berjenjang, bekesinambungan, dan terprogram. Selain itu partai politik harus melakukan reformulasi dan reorientasi sistem rekruitmen dan kaderisasi yang berkualitas agar melahirkan politisi yang cerdas, kapabilitas, dan berintegritas.

“Dengan demikian akan terhindar kader “akar jenggot” atau kader “kutu loncat” antarpartai. Partai bukanlah layaknya perusahaan yang menampung dan menyalurkan  tenaga kerja, dan politisi bukan layaknya seperti tenaga kerja biasa atau pekerja politik yang mencari fasilitas dan gaji semata,” tegas Sekjen IKA PKn UPI itu.

Momentum pengukuhan Prof. Cecep Darmawan sebagai guru besar mendapat apresiasi dari tokoh nasional. Mulai dari Ketua Mahkamah Konstitusi RI Arief Hidayat, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita,  Deputi Sesneg RI  Dadan Wildan, Rektor Universitas Negeri Semarang  Fathur Rokhman, sampai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid. Tak ketinggalan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jabar,  Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Departemen PKn UPI, instansi kerja tempat Cecep Darmawan mengabdikan diri selama ini.

Begitu pula ucapan selamat disampaikan alumni PKn UPI yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Diantaranya dari Sabarudin, alumni yang kini menjadi Kepala SMA Negeri Gantung Bangka Belitung. "Mantap. Selamat untuk Prof. Cecep. Semoga sukses selalu," ujarnya. "Alhamdulillah... wilujeng kang. Mugia barokah sareng manfaat," ucapan dari Yuyus Kardiman (Alumni, Dosen UNJ) melalui Grup FB IKA PKn UPI. Ucapan senada disampaikan Marzuki Rachman yang kini menjadi Pengawas SMK di Provinsi Banten. "Congratulation Kang Cewan, semoga barokah ilmunya."

Sedianya Gubernur Jabar akan turut menghadiri pengukuhan Cecep. Namun mengingat padatnya acara, akhirnya Gubernur diwakili oleh Kepala Kesbangpol Jabar Rudi Ganda Kusumah.  Keluarga besar Cecep Darmawan dari Pesantren Bahrul Ulum  Kabupaten Subang semakin melengkapi acara pengukuhan tersebut.

Selepas pengukuhan selesai acara pun dilanjutkan di Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan sambutan dari Dekan FPIPS UPI dan diakhiri dengan ramah tamah.

***