Sambutan Kepala Madrasah

Rabu, 10 Agustus 2016

Wacana Full Day School Jangan Dipaksakan

Oleh : Dewiyatini
Pikiran Rakyat, 9 Agustus 2016

BANDUNG,(PR).- Pengamat Pendidikan UPI Cecep Darmawan menilai full day school sebagai kebijakan kejutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru Muhadjir Effendy. Seharusnya, kajian yang mendalam dilakukan terlebih dahulu sebelum menggulirkan wacana tersebut sehingga tidak perlu menimbulkan kegaduhan.


Dikatakan Cecep, ide tersebut sebenarnya gagasan yang baik. Namun, sebaiknya pemerintah tidak perlu memaksakan kebijakan tersebut. Pasalnya, model full day school telah diterapkan di banyak sekolah swasta.
"Tapi bila diterapkan di sekolah negeri, memang harus banyak yang dipersiapkan," ucap Cecep ketika dihubungi "PR", Selasa 9 Agustus 2016.

Selain itu, kata Cecep, full day school ini tidak bisa diterapkan di semua sekolah. Sehingga, jikalau diimplementasikan maka sifatnya fakultatif. Hanya diterapkan di sekolah yang memungkinkan. 

Cecep menyebutkan, pemerintah harus mencari model yang tepat di tiap wilayah yang disesuaikan dengan demografi, geografi, sosiologis, kultur, dan psikologisnya. Selain itu, perlu dilihat juga kesediaan infrastruktur, siswa, dan guru. 

Cecep menyarankan, pemerintah fokus terhadap pembenahan 8 standar pendidikan nasional dulu. Banyak masalah yang belum terselesaikan di masa Mendikbud sebelumnya seperti alih kelola, kurikulum, dan ujian nasional.***

Sumber : Pikiran Rakyat

Catatan : Cecep Darmawan merupakan Sekjen IKA PKn UPI

0 komentar:

Posting Komentar