Sambutan Kepala Madrasah

Jumat, 25 Maret 2016

Prof. Karim Suryadi: Wujudkan Guru Generasi Emas

Sumber : Pikiran Rakyat


BANDUNG, (PRLM).- Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UPI Prof. Karim Suryadi mengatakan dalam mewujudkan Guru Generasi Emas penguatan spirit dan nilai-nilai keguruan amat penting di tengah orientasi sosial yang mulai bergeser. Guru tidak bisa lagi hanya bersandar pada nilai tradisional, seperti kewibawaan. Akan tetapi harus bergantung kepada kemampuan menampilkan nilai-nila genuin pendidik dan mewujudkannya dalam interaksi dengan murid.

"Kemauan untuk terus belajar harus menjadi jalan vital yang menghidupkan guru generasi emas 2045," katanya di Kampus UPI, Jln. Setiabudhi, Kota Bandung, Kamis (2/5/13).

Prof. Karim menambahkan evaluasi yang perlu dilakukan dalam pendidikan sekurang-kurangnya ada dua hal. Pertama, mengembalikan mindset masyarakat tentang hakikat pendidikan sebagai usaha sadar untuk mendewasakan manusia. Artinya apa yang berlangsung di lingkungan pendidikan harus berorientasi kepada, dan dimaknai untuk kepentingan perkembangan murid sebagai manusia yang utuh.

"Kedua menciptakan lingkungan dan kultur sekolah yang kondusif bagi kegiatan belajar dengan mengurangi kooptasi birokrasi dan kepentingan politik maupun kepentingan lain yang menempatkan sekolah dan murid sebagai komoditas," jelasnya. (A-208/A-108)***